Bright Education Indonesia

Secara bahasa, Au-Pair berasal dari bahasa Prancis yang bila diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris menjadi on a pair yang juga dapat diartikan ke dalam bahasa Indonesia menjadi balas-jasa.

Ketika menjadi Au Pair, seseorang akan menjadi asisten domestic dari negara asing yang bekerja dan tinggal dengan keluarga angkat (host family)  serta berperan menjadi bagian dari keluarga mereka. Oleh karena itu, orang tersebut juga ikut serta dalam tanggung jawab keluarga angkatnya itu.

Au-Pair di Jerman

Di Indonesia istilah Au-Pair mungkin terdengar asing. Hanya saja di negara-negara maju seperti contohnya Australia, Amerika maupun negara-negara di kawasan Eropa seperti Inggris, Prancis, dan Jerman program Au-Pair ini sudah lazim.

Menurut peraturan yang berlaku di Jerman, syarat bekerja sebagai Au-Pair usianya tidak boleh kurang dari 18 tahun dan maksimal berumur 25 tahun. Belum mempunyai anak dan memiliki kesehatan yang baik. Selain itu mereka juga harus memiliki ijazah penguasaan Bahasa Jerman tingkat dasar (yakni A1-A2).

Bila semua syarat ini terpenuhi maka kesempatan mengikuti program Au-Pair pun terbuka. Meskipun demikian ada juga keluarga Jerman yang mencari tenaga Au-Pair umumnya dengan mengutamakan pelamar yang memiliki pengalaman di bidang rumah tangga dan mengurus anak.

Hapuskan Paradigma Au-Pair Merupakan Pembantu

Au-Pair itu BUKAN merupakan seorang pembantu rumah tangga atau sama dengan baby sitter.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, peserta program Au-Pair akan menjadi bagian dari keluarga angkat (host family) nya itu dan memiliki posisi yang sejajar dengan mereka. Bila diibaratkan berarti mereka akan berperan sebagai Kakak.

Peserta program Au-Pair diberikan kesempatan untuk bersekolah, mengikuti kursus bahasa dan mengenal budaya dan bahasa asing di negara nya tinggal.

Oleh karena itu program ini tidak jarang disebut sebagai culture exchange atau program pertukaran budaya. Karena pada motivasi pelaksanaannya adalah untuk mengenal budaya baru dari negara tempat peserta melaksanakan program Au-Pair tersebut.

Untuk Au-Pair pun perlu persiapan!

Seperti yang sudah disebutkan pula di atas. Bahwa mengikuti Au-Pair itu tetap perlu persiapan. Kami jabarkan lagi di sini ya persiapan apa saya yang wajib Anda siapkan apabila tertarik mengikuti program Au-Pair ini:

  1. Sertifikat bahasa Jerman tingkat dasar (A1-A2). Lebih bagus lagi apabila sudah mulai masuk ke tingkat menengah (B1).
  2. Passport.
  3. Motivasi yang kuat untuk mengikuti program Au-Pair ini.
  4. Kesiapan mental yang mampu beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ikuti Kursus Bahasa Jerman Bersama Bright Education Indonesia!

Konsultasikan mimpi Anda untuk dapat pergi ke Jerman, bekerja dan tinggal bahkan melanjutkan kembali sekolah/kuliah di sana dengan kami.

Selain jasa konseling, kami pun memiliki tim pengajar bahasa Jerman yang sudah terbukti dapat membantu proses pembelajaran bahasa Jerman Anda lebih cepat!

Apa Benefit Bergabung Bersama Bright Education Indonesia?

Cita-cita Anda untuk pergi, lalu tinggal dan bekerja dalam program Au-Pair di Jerman akan kami support 100%. Dukungan apa saja yang akan Anda dapatkan?

  1. Les bahasa Jerman sampai lulus tingkat dasar (A1-A2) BONUS sampai mempelajari tingkat menengah (B1).
  2. Membantu pencarian keluarga angkat yang menyediakan program Au-Pair dan akan mengcover kebutuhan Anda diantara lain seperti:
    • Tempat tinggal.
    • Uang makan.
    • Asuransi kesehatan.
    • Akses transportasi (Akses tiket gratis untuk kereta, bus, dll).
    • Hari libur bersama keluarga angkat.
    • Hari libur sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut serta pendaftaran, Anda dapat menghubungi kami melalui tombol di bawah ini: